Bola.com, Marseille – Manager Inggris , Roy Hodgson membuat keputusan cukup mengejutkan ketika bertemu Rusia di pertandingan pertama Grup B Euro 2016, di Stade Velodrome, Sabtu (2016/11/06) atau Minggu (2016/06/12) dini hari WIB. Ini menempatkan Wayne Rooney di tengah, tapi awalnya di sisi kiri.

Hal ini cukup mengejutkan, karena Wazza, sapaan Wayne Rooney, di belakang dua gelandang serang yang beroperasi dari sayap, yaitu Raheem Sterling dan Adam Lallana. Harry Kane menjadi target man The Three Lions .

Punya canggung, terutama dalam 5 menit terakhir, Rooney mengubah daerah operasinya.menjadi lebih ke tengah. Itu berarti Roy Hodgson untuk memberikan fleksibilitas bagi kapten untuk mengontrol permainan.

Sebuah perubahan yang signifikan. Setelah Inggris mampu tampil dominan, meskipun beberapa peluang gagal menjadi gol. Setidaknya, strategi untuk menempatkan Rooney sebagai pengatur serangan yang sukses.

Keberhasilan babak pertama berlanjut ke menit ke-78, ketika Rooney harus menuju bangku dan digantikan oleh Jack Wilshere. Sebelum itu, Rooney menjadi bagian dari tujuan Eric Dier, 5 menit sebelum suami Coleen McLoughlin keluar lapangan.

Setelah Rooney absen, koridor Inggris lini tengah telah melemah. Indikasi utama dapat dilihat dari aliran dominan bola Rusia dari lini tengah. Tercatat, dalam waktu 15 menit pertandingan, para pemain Rusia mampu merekam 90 umpan yang tepat dari total 406 umpan yang mereka lakukan sepanjang pertandingan.

sebaliknya terjadi di kubu Inggris. Mereka mencatat total 426 umpan, dengan 60 di antaranya terjadi di 15 menit terakhir setelah Rooney keluar dari lapangan. Meskipun bukan faktor utama, setelah pertahanan tekanan besar melanda tim dari negeri Ratu Elizabeth.

Hasil akhir sudah terlihat, Rusia dapat menyamakan kedudukan, dan menempatkan Inggris dalam kesulitan besar dalam dua pertandingan berikutnya di Grup B. Selain itu, Rooney mengisyaratkan harapan tinggi pada strategi ketika bertemu Wales dan Slovakia.

Perubahan Rooney menjadi bukti 13 tahun pengalaman, lima turnamen dan 111 pertandingan mantan pemain Everton. Ketika merumput di Stade Velodrome, Roy Hodgson tidak ingin berjudi dengan penurunan Wazza posisi tersebut.

Sebuah kenyataan, karena statistik UEFA mengungkapkan, Rooney tampil impresif. Dia bisa melakukan keberhasilan 47 umpan dari total 55 percobaan. Dia telah mengirim tembakan ke arah gawang Akinfeev.

Rooney menambah penampilan dengan menciptakan dua peluang serta dua sukses umpan terobosan. Menurut kolumnis Daily Mail, Steve Bould, Rooney peran baru di Inggris, akan sangat berguna ketika bertemu Wales, atau counter-Slovakia pertandingan penentuan.

“Perubahan strategi dapat terjadi, tapi setidaknya Rooney alternatif yang sudah terbukti berhasil. Saya pikir kita harus lebih konsistensi,” kata Bould.

Sumber: UEFA

Saksikan rekaman pertandingan Premier League, Liga Italia, Liga Prancis dan kualitas HD di sini